Friday, January 22, 2016

CARA MEMPERBAIKI HORIZONTAL BLIND

Ciri-ciri kerusakan serta langkah pencegahan


Cara Memperbaiki Horizontal Blind. Horizontal Blind yang terbuat dari alumunium pada umumnya sangat awet karena alumunium sangat sulit terkena korosi ataupun karat. Bagian dari Horizontal Blind yang cepat aus biasanya terletak pada komponen kontrol yang terbuat dari bahan plastik serta komponen tali yang terbuat dari bahan nylon. 

Ciri-ciri Kerusakan:
1. Horizontal Blind terasa berat apabila ditarik keatas, hal itu merupakan tanda bahwa kontrol pengunci tali (cord lock) mulai rusak, hal ini wajar mengingat adanya gesekan tali dengan cord lock.

Perbaikan: Tambahkan potongan selang plastik transparan kecil pada cord lock untuk menutup goresan bekas gesekan (apabila kerusakan masih tergolong ringan).

Pencegahan:
Sebelum menarik daun/ bilah 
Horizontal Blind ke atas WAJIB mengarahkan tali berlawanan dengan roda gigi (bewarna emas) lalu tarik. Untuk mengunci posisi 
Horizontal Blind arahkan tali ke arah roda gigi lalu lepas perlahan.


#### Klik disini untuk membeli komponen Cord Lock ###


2. Daun/ bilah Horizontal Blind tidak dapat dirotasi untuk membuka dan menutup, hal ini menandakan kontrol putar (tilter) telah rusak.


Perbaikan: Komponen ini tidak dapat diperbaiki (harus diganti baru) karena biasanya roda plastik di dalam tilter akan rusak/ pecah apabila terjadi putaran yang berlebihan.

Pencegahan: Tongkat Pemutar (stick) digunakan sebagai alat bantu untuk memutar tilter ke arah kanan atau kiri, apabila putaran stick telah terasa berat JANGAN DIPAKSA (Putaran sudah mencapai batas maksimal!), segera putar stick KE ARAH BERLAWANAN.

#### Klik disini untuk membeli komponen Tilter ###


3. Jalinan tali Horizontal Blind putus.

Perbaikan: Tali nylon dapat disambung sementara dengan lem serbaguna/ lem-G untuk perbaikan, namun WAJIB dilakukan penggantian tali.

Pencegahan: Tarik tali SECARA BERSAMAAN apabila anda bermaksud untuk menaikkan Horizontal Blind keatas serta jauhkan penggunaan benda tajam seperti gunting atau cutter di dekat unit Horizontal Blind.

Harga komponen yang telah disebutkan di atas tidak terlalu mahal (dalam kisaran puluhan ribu Rupiah). Waktu yang diperlukan untuk perbaikan setiap unit Horizontal Blind rata-rata sekitar 30 menit. Apabila di kemudian hari anda mengalami kesulitan dalam melakukan perbaikan, anda dapat menghubungi kami.

AD Interior